Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Mengenal 3 Arti Kata Jiwa dalam Taurat/Torah Yahudi



Dalam Kitab suci Ibrani ada lima kata bahasa Ibrani yang mengacu ... atau diterjemahkan sebagai - kata "jiwa" dalam bahasa Indonesia. Tiga pertama yang paling relevan bagi kita disebut Nefesh, Ruach dan Neshamah.
1.NEFESH adalah "kekuatan hidup" yang menjiwai tubuh. TORAH mengajarkan kepada kita bahwa binatang juga memiliki Nefesh atau "kekuatan hidup". Nefesh bisa juga disebut jiwa hewani yang berhubungan dengan Yetzer Hara - yang merupakan bagian dari kita yang berusaha mempertahankan diri dengan cara apapun .... Karena Nefesh menjiwai atau memberi "hidup" bagi tubuh ... ketika pembicaraan Kitab suci dalam berbahasa ibrani tentang Nefesh yang hanya mengacu pada kehidupan fisik kita. Karena Nefesh terhubung ke tubuh-fisik kita, Kitab Suci menyatakan bahwa "jiwa atau" Nefesh "atau" tubuh yang hidup " dosa-dosa " ... dengan kata lain tubuh fisik akan mati .
2. NESHAMAH tidak terkait dengan tubuh fisik. Dengan demikian Neshamah juga dikenal sebagai jiwa "bagian dari Tuhan" dan merupakan bagian yang sebenarnya dari TUHAN Pencipta semesta YHWH Elohim. Neshamah adalah jiwa yang murni dan selalu tetap terhubung pada DIA . Dengan demikian, Neshamah adalah sebuah keberadaan diri "kita" dan akan kembali kepada TUHAN ketika Nefesh tidak lagi diperlukan di dunia fisik ini ... dan tubuh akan mati dan kembali ke tanah.
3. RUACH dan adalah nafas YHWH Elohim, Ruach adalah apa yang memungkinkan Neshamah untuk menghubungkan kepada Pencipta -.. atau aturan atas Nefesh dan menyebabkan Nefesh untuk memilih cara Torah dalam perilaku dan untuk memenuhi keinginannya untuk mengenalNya. Selain itu Neshamah memungkinkan untuk memandu Nefesh untuk melayani TUHAN Semesta Alam YHWH Elohim di dunia yang sementara ini.
Ini adalah jembatan di mana emosional kita memainkan peran besar ... itulah sebabnya kita harus berusaha untuk mengeluarkan ketiga "JIWA" ini dalam melayani TUHAN PENCIPTA ALAM SEMESTA YHWH Elohim.
baruch Hashem Yeshua Hamasiach Memberkati.
ps:Rabbi Gabriel zahaavi
Labels: BIBLE STUDY, ISRAEL, RENUNGAN, TORAH

Thanks for reading Mengenal 3 Arti Kata Jiwa dalam Taurat/Torah Yahudi. Please share...!

0 Comment for "Mengenal 3 Arti Kata Jiwa dalam Taurat/Torah Yahudi"

Back To Top